Posted by : Unknown Sabtu, 21 September 2013

SEMUA TENTANG MARCHING BAND



Ada yang bilang, cikal bakal marching band adalah dari kelompok drum band yang dibuat dengan tujuan mengumpulkan masa. Tapi lama kelamaan fungsi drum band bergeser kearah menghibur karena aspek musikalitasnya yang menonjol, dari sinilah marching band muncul.

Band militer yang isinya cowok-cowok semua dengan tujuan mengatur langkah pasukan biar rapih dalam barisan, ternyata jadi awal terbentuknya marching band. Marching band berkembang setelah perang dunia ke 2, dimana para veteran perang membuat corps musik memainkan lagu-lagu mars nostalgia PD 2 sambil berparade keliling kota diacara-acara perayaan.

Cukup simple mendeskripsikan marching band. Sebut saja suatu grup yang terdiri dari sejumlah orang yang memainkan alat-alat musik sambil melakukan banyak gerakan (umumnya baris berbaris) dan punya para pendukung (diluar pemain musik) seperti pembawa bendera atau penari.

Drum band atau drum and buggles corps tidak sama dengan marching band. Perbedaannya adalah dalam segi komposisi musik.marching band sangat mementingkan segi kualitas musikalitasnya, lebih dari segi baris berbaris. Sedang kan drumband lebih cenderung memilih mars sebagai komposisi lagu dibandingkan kualitas musik dan baris-berbaris.

Elemen lain yang membedakan drumband dan marching band, komposisi alat musiknya. Marching band mempunyai komposisi alat tiup lengkap dari logam dan kayu. Sedangkan alat tiup drumband hanya berupa trompet, mellophone dan trombhone sisanya memakai pianika atau recorder.

Fifes dan drum merupakan alat wajib dalam marching band milik tentara amerika serikat selama periode perang revolusi.pada perang sipil, drum and buggles (trompet) yang harus ada. Sedang kan pada perang dunia 1 dan 2 dominan dengan alat musik tiup dan perkusi. Kalau di KANADA atau SCHOTLANDIA baktive alat musik tradisional schotlandia wajib ada.

 


Grand Prix Marching Band (GPMB) merupakan kejuaraan rutin bergengsi milik para insan yang terjun di dunia marching band Indonesia. Kejuaraan ini yang diadakan secara nasional dan biasa digelar pada akhir tahun dan diikuti oleh hampir seluruh unit marching band yang ada di Indonesia.

Hamengkubuwono marching band champion ship di Yogyakarta juga merupakan salah satu ajang kompetisi marching band bergengsi di Indonesia. Konon, piala yang diperebutkan sifatnya sakral dan khusus dari Sri Sultan Hamengkubuwono sendiri. Piala dilapisi emas, perak, dan perunggu. Merupkan lambang mahkota kerajaan Ngayogyakarta.

Instrumen dalam marchingband sangat membantu latihan baris berbaris dalam militer. Melalui hentakan alat musik, tentara yang ribuan sekalipun bisa diatur dibawah satu komando, secara serempak, teratur dan tidak saling injak satu sama lain.

Jika instrument marching band tidak ada biasanya para tentara menggunakan kata kata untuk mengatur langkah pasukan sebagai gantinya. Tapi cara demikian mempunyai kelemahan karena hanya bersandar pada suara manusia. Sedangkan kalau pake drum atau alat musik lain, lebih efektif karena volume beat dari alat musik bisa menjangkau secara luas.

Kegiatan marching band bisa dibilang sebagai kegiatan bermain dalam team, mulai dari team kecil (seksional) sampai kelompok besar (corps). Para anggotanya dituntut untuk bisa saling komunikasi verbal baik antar anggota atau diluar anggota untuk membangun kepentingan team itu sendiri dan meningkatkan human skill.

Lahirnya drum corps internasional pada tahun 1970, mempengaruhi gaya banyak team marching band yang tampil dalam lapangan. Salah satunya adanya pengawal bendera, senapan, dan unit-unit pedang yang ikut baris berbaris dengan band sambil melakukan atraksi memutar-mutar atau melambungkan bendera, pedang, atau senapan bohongan.

Marching band bisa dibedakan atas beberapa tipe. Misalkan parade band yang melakukan gerakan baris berbaris dan memakai alat musik bak pive, fifes, drum, woodwin, dan perkusi biasa disebut scrip marchin. Lalu ada show band yang sering tampil dalam lapangan olah raga saat diadakannya kompetisi olah raga biasa disebut field marching. Show band banyak memakai alat tiup bruss bukan woodwin.
Negara paman sam adalah negara yang memiliki marching band berkualitas. Di amerika selain marching band milik kepolisian atau tentara, modern marching band umumnya dihubungan dengan pertandingan olah raga foot ball. Marching band biasanya tampil sebelum ditengah tengah atau setelah pertandingan.
Orang-orang yang tergabung dalam marching band memegang tiga seksi alah. Pertama alat tiup (bruss) perkusi (alat pukul), dan ketiga adalah colour guard (pemain bendera). Diseksi alat tiup ada trompet, mellophone, trombhone barithone tuba dan lain-lain. Dialat perkusi ada drum dan teman-temannya. Sedangkan bagi pemain bendera banyak melakukan tarian.

Pernah dengar schramble band? Merupakan salah satu bentuk variasi dari marching band. Bedanya dengan marching band, jenis ini tidak melakukan baris-berbaris pada waktu bersamaan dengan musik. Schramble band banyak memasukan unsur komedi dalam melakukan pertunjukkannya karena tujuan mereka tampil memang khusus buat menghibur. Makanya banyak melakukan gerakan-gerakan lucu.

Quality of performance sangat penting dalam kompetisi marching band. Unsur-unsur yang dinilai antara lain : pertama musik, aransemen, harmoni, dinamika dari setiap seksion. Kedua kostum pemain dan colour guard. Ketiga show concep, disain dan propertis. Keempat koreografi, kelima kualitas musik itu sendiri.

Rata-rata marching band punya banyak seragam. Seragam bisa menutupi mereka dalam lapangan. Karena seragam cukup menarik perhatian dan mempengaruhi keindahan gerakan dalam baris berbaris. Banyak marching band yang suka memadupadankan apa saja untuk seragamnya, mulai dari kaos dan celana pendek sampai kepada pakaian resminya.

Seragam tentara merupkan seragam yang masih mendominasi marching band. Karena mengikuti gaya militer, formasi pakaian pun didasarkan rangking. Seperti layaknya dalam ketentaraan. Semakin bagus dan semakin banyak acesories di seragam, menunjukan kualitas tingkat team tersebut.

Tujuan setiap group marching band dalam penampilannya berbeda-beda. Ada yang bertujuan untuk menampilkan kekompakan dan ketelitian, ada yang sifatnya menghibur, ada yang menekankan efek sound bagi para penontonnya, ada juga yang tujuannya untuk kepuasan pribadi pemain-pemainnya.

Umumnya, setiap marching band memiliki komandan yang biasa disebut drum majot atau majoret, untuk memberi aba-aba. Kadang aba-aba berupa pluit yang sangat keras dan panjang ada pula aba-aba berupa suara komandan sendiri, atau suara drum. Ada juga perpaduan ketiganya.

Vipa marching band indonesia Garuda indonesia flight drum and corps adalah semua marching band memiliki elemen sama, tapi jumlah personilnya sendiri yang berbeda-beda. Ada group marching band yang terdiri dari 20 orang, ada jua yang bisa mencapai lebih dari 500 orang.

Xtra kulikuler marchingband yang ada di sekolah-sekolah, merupakan salah satu bentuk inovasi dari perkembangan marching band. Maksudnya, marching band bukan lagi digunakan untuk kepentingan militer semata, tapi juga punya fungsi edukasi. Inovasi lain yang ada dalam tubuh marching band adanya colour guard danceting dan cheerleader.

Yang pasti sekarang marching band tidak terbatas memainkan lagu-lagu mars saja! Namun juga lagu-lagu pop, jazz dan bahkan lagu-lagu klasik dan opera ini merupakan program musikal mereka. Marching band memang terus menerus mengembangkan teknik yang lebih tinggi.

Kalau mau bergabung dalam team marching band jangan ragu lagi ! marching band merupakan kegiatan yang sangat positif dan tidak hanya terbatas pada kegiatan parade saja, tapi sudah merambah ke dunia pertunjukkan yang kaya akan warna-warna audio atau visual.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Manchester United
WELCOME TO MY BLOGSPOT www.yogapratama8.blogspot.com

Blogger templates

Blogroll

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © Adrian Yoga Pratama -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan